Memberi Trackback Di Tulisan (Post Trackbacks)

Link Download Dibawah ini

:
Apa sih trackback dan apa untungnya juga memberikan trackback pada posting kita? Kebanyakan orang menganggap trackback adalah komentar jarak jauh. Hhmmm… well… boleh juga, mo komentar di blog orang kok ribet mesti login dan buat postingan walaupun nantinya yang tampil bukan komentar di kotak komentar blog orang tersebut. Terlalu banyak orang menggunakan trackback hanya untuk memberi konfirmasi terhadap posting mereka dikarenakan mereka mengambil/copy isi posting dari
blog lain.

Hal ini mungkin dikarenakan kebanyakan pemilik blog (khususnya yang berisi tutorial WordPress) memberikan etika copy/paste yang mewajibkan orang yang meng-copy ilmunya harus diwajibkan memasang linknya atau setidaknya pemberitahuan via trackback. Wuih…. kejam banget dan selalu bagi saya tidak masuk akal. Emang tutorial itu yang menemukan dia dan apa dia yang ikut menciptakan WordPress?
Pihak WordPress saja malah membagi-bagikan ilmu ngeblognya dengan gratis malah giliran orang yang mengambil ilmunya mengklaim tidak boleh dicopy kalau tidak ijin. Kalau etika copy/paste diterapkan untuk blog yang isinya dari pemikiran sendiri dari pemilik blog (seperti puisi, kehidupan sehari-hari, pengalaman pribadi, dll.) tidak masalah ada larangan copy/paste. Lha ini….
Menurut saya sendiri trackback adalah pesan singkat yang berupa potongan kecil yang diambil dari isi posting kita (biasanya diambil beberapa kata pada paragraf pertama) yang akan muncul di kotak komentar blog lain yang sebelumnya telah kita berikan trackback di posting kita untuk memberitahukan dan menginformasikan isi singkat dari posting kita. Atau bila kita terjemahkan trackback adalah lacak balik/jejak balik, yang intinya kita meninggalkan jejak diblognya orang supaya orang tersebut tahu dan mengikuti jejak kita menuju kemana, yaitu keblog/posting kita.
  1. Login ke Admin WordPress anda.
  2. Pada sisi kiri halaman  klik menu [Post] > [Add New].
  3. Dan akan tampil halaman ‘Add New Post’.
  4. Silahkan mulai menulis pada mode [Visual].
  5. Kemudian pada menu ‘Send Trackbacks’ isikan alamat spesific dari blog orang lain yang ingin diberikan trackback dengan menambahkan kata trackback/ disetiap akhir alamat.


  6. Jika anda ingin memberikan trackback lebih dari 1, pisahkan dengan spasi.
  7. Kemudian pada menu ‘Discussion’ beri tanda centang [ √ ] pada [Allow comments on this post] dan [Allow trackbacks and pingbacks on this post].
  8. Setelah selesai, klik tombol [Save Draft] bila anda ingin menyimpannya dulu atau klik tombol [Publish] bila anda ingin menampilkannya pada halaman blog anda.

   
Sumber Artikel :

Mau Berlangganan Berita via email Masukan email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner



Artikel Terkait:

Posted by Admin on 04.29. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Memberi Trackback Di Tulisan (Post Trackbacks)

Posting Komentar
review http://edhitutorial.blogspot.com/ on alexa.com

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Adsense

Mau Berlangganan Berita via email Masukan email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Facebook Like close

2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign